Dalam rentang kehidupanya setiap individu menjalani
tahap-tahap perkembangan secara berurutan meskipun dengan kecepatan yang
berbeda. Setiap tahap atau periode masing-masing ditandai oleh ciri-ciri
perilaku atau perkembangan tertentu. Para ahli membagi tahap-tahap perkembangan
tersebut secara berbeda.
Erikcson, misalnya membagi rentang kehidupan dalam 8 tahap
sebagai berikut : massa bayi, masa kanak-kanak, usia prasekolah, usia sekolah,
masa sekolah, masa remaja, masa awal dewasa, masa dewasa, dan masa tua. Bijou
mengusulkan lima peirode perkembangan utama dimasa kanak-kanak dimulai dengan
saat pembuahan dan berakhir ketika anak matang secara seksual, yaitu :
1.
Periode pralahir (pembuahan sampai lahir)
2.
Masa neonatus (lahir sampai 10-14hari)
3.
Masa bayi (2minggu sampai 2 bulan)
4.
Massa kanak-kanak (2tahun sampai 13/14 tahun)
5.
Masa puber (11sampai 16tahun)
Sedangkan Hurlock (1980 : 14) membagi rentang kehidupan
manusia (fase-fase perkembangan) secara lebih rinci sebagai berikut :
1.
Periode prenatal : konsepsi kelahiran
2.
Masa kelahiran : kelahiran sampai akhir minggu
kedua
3.
Masa bayi : akhir minggu kedua sampai akhir
tahun kedua
4.
Awal masuk kanak-kanak : 2 samapi 6tahun
5.
Akhir masa kanak-kanak : 6 sampai 10/12tahun
6.
Masa puber atau pra-remaja : 10/12 sampai 13/14
tahun
7.
Masa remaja : 13/14 amapi 18 tahun
8.
Awal masa dewasa (dewasa dini) : 18 samapi
40tahun
9.
Masa dewasa madya : 40 sampai 60tahun
10.
Masa dewasa lanjut atau usia lanjut : 60tahun
sampai meninggal
A.
CIRI-CIRI PERIODE PRANATAL
Periode ini dimulai pada saat pembuahan dan berakhir pada kelahiran,
kurang lebih panjangnya 270 sampai 280 hari atau Sembilan bulan.
Ciri-ciri periode prenatal yaitu :
1.
Pembawaan lahir
Pembawaan lahir yang berfungsi sebagai
dasar bagi perkembangan selanjutnya, ditentukan pada saat ini. Hal ini bukan
saja pada pembawaan mental melainkan juga pada jenis kelamin individu.
2.
Pertumbuhan dan perkembangan yang cepat
Pertumbuhan dan perkembangan yang
proporsional lebih cepat terjadi pada waktu ini daripada waktu lainnya
sepanjang hidup.
3.
Kondisi dalam lingkungan pralahir
Kondisi tubuh ibu yang baik mempertinggi
perkembangan potensi bawaan sedangkan kondisi yang buruk dapat menghambat
perkembangan atau mengganggu pola perkembangan berikutnya.
4.
Sikap orang-orang yang berarti
Sikap orang yang berarti dalam kehidupan
anak, terutama anggota keluarga terbentuk pada waktu ini dan mempunyai pengaruh
yang nyata terhadap perlakuan mereka terhadap anak tersebut selama awal tahun
pembentukan kehidupan. Kalau sikap ini besifat emosional, maka dapat merusak
keseimbangan .
B.
CIRI-CIRI BAYI NEONATAL
Ciri dari periode bayi neonatal :
1.
Periode yang tersingkat dari semua masa
perkembangan
Periode ini adalah saat dimana janin harus
menyesuaikan dengan kehidupan di luar rahim ibu, dimana dia telah hidup selama
kurang lebih Sembilan bulan. Menurut kriteria medis penyesuaian ini akan
berakhir pada saat tali pusar lepas dari pusarnya. Seadangkan criteria menurut
fisiologis berakhir pada saat bayi gemuk kembali setelah kehilangan berat badan
sesudah dilahirkan. Menurut criteria psikologis berakhir pada saat bayi mulai
menunjukan tanda-tanda kemajuan perkembangan perilaku.
Walaupun singkat masa bayi ini umumnya
dibagi menjadi dua periode :
a.
Periode partunate, periode ini bermula dari
keluarnya janin dari rahim ibu dan berakhir setelah tali pusar dipotong dan
diikat. Jika hal ini selesai dilakukan bayi masih merupakan pascamatur, yaitu
lingkungan di luar tubuh ibu.
b.
Periode neonate, bayi menjadi individu yang
terpisah, mandiri dan tidak lagi merupakan parasit. Pada periode ini bayi harus
mengadakan penyesuaian pada lingkungan baru di luar tubuh ibu.
2.
Masa terjadinya penyesuaian yang radikal
Kelainan merupakan suatu peralihan dari
lingkungan dalam (rahim ibu) ke lingkungan luar sehingga bayi perlu
menyesuaikan diri. Beberapa bayi mudah melakukan penyesuaian, namun bagi bayi
yang lain ada yang mengalami kesulitan dan kegagalan.
3.
Masa terhentinya perkembangan
Terhentinya pertumbuhan dan perkembangan
merupakan hal yang normal, disebabkan karena bayi melakukan penyesuaian yang radikal
pada lingkungan pascanatal. Setelah itu pertumbuhan dan perkembangan bayi
kembali berlanjut.
4.
Pendahuluan dari perkembangan selanjutnya
Perkembangan bayi yang tampak pada waktu
dilahirkan tidak dapat digunakan untuk meramalkan secara tepat bagaimana perkembangan
individu di masa depan, tetapi perkembangan bayi yang baru lahir dapat memberi
petunjuk tentang apa yang diharapkan akan terjadi pada perkembangan
selanjutnya.
5.
Periode yang berbahaya
Secara fisik masa bayi neonatal berbahaya
karen sulitnya mengadakan penyesuaian diri secara radikal yang penting pda
lingkungan yang sangat baru dan sangat berbeda. Kebanyakan sikap yang terbentuk
secara sepanjang periode prenatal mungkin berubah secara radikal setelah bayi
dilahirkan, tetapi beberapa diantaranya relatif menetap atau semakin kuat
tergantung pada kondisi pada saat kelahiran dan pada mudah atau sulitnya
penyesuaian antara bayi dan orangtua.
C.
CIRI-CIRI MASA BAYI
Ciri masa bayi yang membedakan dari
periode-periode sebelum dan sesudahnya adalah :
1.
Dasar yang sesungguhnya
Masa bayi merupakan periode kehidupan yang sesungguhnya karena pada masa
ini banyak pola perilaku, sikap, dan pola ekspresi emosi terbentuk.
2.
Pertumbuhan dan perubahan berjalan pesat
Bayi berkembang pesat terutama dalam tahun pertama, baik fisik maupun
psikologis. Perkembangan intelek berjalan sejajar dengan pertumbuhan dan
perubahan fisik.
3.
Berkurangnya ketergantungan
Berkurangnya ketergantungan terhadap orang lain dan
tidak mau membiarkan orang lain melakukan hal-hal yang dapat dilakukan sendiri.
4.
Meningkatnya individualitas
Dengan meningkatnya individualitas maka setiap bayi harus
diperlakukan sebagai individu.
5.
Permulaan
sosialisasi
Bayi menunjukan keinginan untuk menjadi bagian dari
kelompok social dengan memprotes kalau dibiarkan sendiri selama beberapa waktu
dan mencoba memperoleh perhatian dari orang lain dengan berbagai cara.
6.
Permulaan berkembangnya penggolongan peran seks
(sex-role)
Penggolongan peran seks dimulai sejak bayi dilahirkan.
7.
Permulaan kreativitas
Pada bulan-bulan pertama bayi belajar mengembangkan
minat dan sikap yang merupakan dasar bagi kreativitasnya kelak dan sebagian
besar ditentukan oleh perlakuan-perlakuan orang lain terutama orang tua.
D. CIRI-CIRI
MASA KANAK-KANAK
1.
Sebutan yang digunakan orang tua
Sebagian besar orang tua menganggap awal masa
kanak-kanak sebagai :
A)
Usia yang mengundang masalah atau usia sulit
B)
Usia mainan karenaanak menghabiskan sebagan
besar waktunya untuk bermain dengan maianan.
2.
Sebutan yang digunakan para pendidik
Para pendidik menyebut masa awal kanak-kanak sebagai
usia prasekolah yang merupakan mas persiapan anak baik secara fisik maupun
mental untuk menghadapi tugas-tugas pada saat mereka mulai bersekolah.
3.
Sebutan yang digunakan paraa ahli psikologi
a.
Usia kelompok, anak belajar dasar-dasar perilaku
social untuk penyesuaian diri pada waktu mereka masuk kelas satu.
b.
Usia menjelajah, karena anak-anak ingin
mengetahui keadaan lingkungannya, bagaimana mekanismenya, perasaanya dan
bagaimana ia bisa menjadi bagian dari lingkungan.
c.
Usia bertanya, salah satu cara menjelajah
lingkungan adalah dengan bertanya
d.
Usia meniru, yang paling menonjol aalah meniru
pembicaraan dan tindakan orang lain.
e.
Usia kreatif, anak lebih menunjukan kreativitas
dengan bermain selama masa kanak-kanak dibandingkan masa-masa lain.
E. CIRI
AKHIR MASA KANAK-KANAK
1.
Label yang digunakan orang tua
a.
Usia yang menyulitkan, dimana anak tidak lagi
mau menuruti perintah, lebih banyak dipengaruhi teman sebaya daripada orang tua
atau anggota keluarga.
b.
Usia tidak rapi, dimana anak cenderung tidak memperdulikan, ceroboh dalam penampilan
dan kamarnya berantakan.
c.
Usia bertengkar, dimana banyak terjadi
pertengkaran antar keluarga dan suasana rumah tidak menyenangkan bagi semua
anggota keluarga.
2.
Label yang digunakan para pendidik
a.
Usia sekolah dasar, anak diharapkan memperoleh
dasar-dasar pengetahuan untuk keberhasilan penyesuaian dari pada kehidupan
dewasa dan memperoleh ketrampilan penting tertentu.
b.
Periode kritis dalam dorongan berprestasi, masa
dimana anak membentuk kebiasaan untuk mencapai sukses, tidak sukses, atau
sangat sukses.
3.
Label yang digunakan ahli psikologi
a.
Usia berkelompok, masa dimana perhatian
perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima teman sebaya sebagai
anggota kelompok .
b.
Usia penyesuaian diri, anak menyesuaikan diri
dengan standar yang disetujui kelompok.
F. CIRI-CIRI
MASA PUBER
1.
Perode tumpang tindih,karena kedudukan remaja
berada diantara akhir masa kanak-kanak dan awal masa remaja
2.
Periode yang singkat, berlangsung sekitar dua
sampai empat tahun.
3.
Dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap prapuber
(bukan lagi seorang anak tetapi juga belum remaja), tahap puber (kematangan
seksual muncul:haid pada anak perempuan dan mimpi basah pada anak laki-laki),
dan tahap pascapuber (cirri-ciri seks skunder sudah berkembang dan organ-organ
seks berfungsi secara matang).
4.
Pertumbuhan dan perubahan yang pesat, meliputi
perubahan dalam tubuh, perubahan dalam status termasuk penampilan, pakaian,
sikap terhadap sek dan lawan jenis. Perubahan ini sering menimbulkan keraguan,
perasaan tidak mampu dan tidak aman, serta menimbulkan perilaku yang kurang
baik.
5.
Fase negative, fase dimana individu mengambil
sikap “anti” terhadap kehidupan atau kelihatannya kehilangan sifat-sifat baik
yang sebelumnya sudah berkembang.
G. CIRI-CIRI
MASA REMAJA
1.
Periode masa yang penting.
Ada beberapa periode yang dianggap lebih penting
daripada beberapa periode lainnya karena berakibat langsung terhadap sikap dan
perilaku, dan ada yang dianggap lebih penting karena berakibat jangka panjang.
2.
Periode peralihan
Pada periode peralihan status individu tidak jelas dan
terdapat keraguan akan peran yang harus dilakukan.
BetMGM opens NJ sportsbook for mobile and online gaming
BalasHapusNew Jersey's BetMGM online sportsbook is live in 청주 출장마사지 Pennsylvania. The BetMGM online sportsbook is expected 울산광역 출장샵 to launch in 서산 출장마사지 late October. The BetMGM sportsbook 먹튀 is 벳 365